Roro Sawita, Gde Putra, Emma Baulch: Citra Perempuan Indonesia dalam Iklan Produk Provider30/5/2014
Oleh: Roro Sawita, Gde Putra dan Emma Baulch ([email protected] Iklan Provider dan Perempuan Dalam Perebutan Runtuhnya rezim sentralistik Orde Baru mengubah konstelasi sosial politik di Indonesia. Persoalan-persoalan perempuan yang ditabukan pada zaman Orde Baru mulai diberikan ruang untuk didiskusikan secara terbuka. Istilah pemberdayaan perempuan, perempuan di parlemen, kuota untuk perempuan, kepemimpinan perempuan, ataupun independensi perempuan mulai sering terdengar. Bukan berarti riuh suara pembebasan itu yang mendominasi lapangan sebab upaya pemenjaraan tubuh perempuan meriah juga di era reformasi. Saat ini upaya kontrol terhadap tubuh perempuan dilakukan oleh sipil berjubah agama. Lihat misalnya di layar TV, sangat terang-terangan Front Pembela Islam (FPI) terekam menyerbu tempat hiburan malam dan melakukan razia kemaksiatan di tempat mahasiswa indekos. Tidak jarang kelompok sipil mengatasnamakan organisasi agama tertentu mengeluarkan pernyataan dihadapan wartawan dengan mencela beberapa artis dangdut perempuan atau selebriti perempuan lainnya yang dikenal berpakaian “seksi”. Upaya kontrol tubuh perempuan juga terealisasikan pada ranah kebijakan negara. Terbukti dengan disahkannya undang-undang pornografi. Alih-alih untuk mengriminalkan pelaku industri pornografi, beberapa pasalnya malah menyudutkan perempuan.[1] Atas nama otonomi daerah, beberapa wilayah di Indonesia melahirkan perda-perda syariah yang diskriminatif terhadap perempuan.[2] Aksi sensor dan aturan tak ramah perempuan tersebut ingin membuat masyarakat meyakini pandangan bahwa tubuh perempuan bisa berbahaya dan mengganggu tatanan sosial jika tidak diawasi. Karena itu sudah sepantasnya tubuh perempuan didisiplinkan. Walaupun perempuan mulai memegang tampuk pimpinan di beberapa daerah, namun penyepelean terhadap kepemimpinan perempuan masih kuat. Seringkali berhembus isu perempuan menjadi kepala daerah atau anggota dewan karena diuntungkan oleh jaringan politik dari suaminya. Penolakan kepemimpinan perempuan juga muncul baru-baru ini, seperti kasus penolakan Lurah Susan di Lenteng Agung Jakarta. Lurah Susan ditolak bukan hanya karena tidak beragama islam tetapi juga statusnya sebagai perempuan. Atau lihat ke belakang saat PDIP memenangi pemilu tahun 1999. Isu Megawati Soekarno Putri dijegal sebagai presiden karena dia perempuan. Pemandangan menjadi terbalik jika mata diarahkan ke layar TV disaat iklan provider mengisi jeda acara sinetron, berita atau talk show. Adalah Iklan Simpati dengan Agnes Monica sebagai bintang iklannya.[3] Sosok perempuan single, non Muslim, beretnis minoritas Tionghoa, independent secara ekonomi, kerap berpakaian minim dan hidup di dunia hiburan ini dijadikan sosok utama dalam iklan tersebut. Arahkan juga penglihatan kita ke sosok Anggun C Sasmi di iklan Mentari.[4] Perempuan berdarah Yogyakarta ini adalah sosok artis perempuan yang lama merantau jauh dari kampung halaman dan menikah dengan laki-laki Prancis. Kedua sosok ini mewakili perempuan yang berani berkarier keluar dari rumah ataupun keluar dari negerinya, serta berani single seperti Agnes ataupun berani memilih pujaan hati beda agama, ras, suku, etnis dan warga negara seperti Anggun. Kemunculan dua sosok artis ini menandakan telepon genggam termasuk kebutuhan perempuan. Dapat dibaca bahwa kehadiran Agnes Monica dan Anggun C Sasmi adalah strategi untuk memperlebar jangkauan profit korporasi provider dengan menjadikan perempuan sebagai bagian dari konsumen mereka. Alat komunikasi tersebut seakan menjadi barang wajib bagi semua orang entah laki-laki maupun perempuan. Sejumlah 225 juta orang Indonesia pada tahun 2012 menjadi pelanggan seluler. Jumlah ini hampir mencapai 100% dari populasi penduduk Indonesia.[5] Meskipun mobilephone diciptakan untuk menanggulangi persoalan jarak dan waktu, namun hanya berfungsi jika diisi pulsa. Dalam hal ini, perusahaan Provider yang memiliki wewenang menyediakan pulsa dan internet. Di Indonesia, tercatat 11 perusahaan provider ikut bersaing dengan berbagai macam produk dalam meraih pelanggan.[6] Jika kita menempatkan iklan-iklan produk provider ke dalam arena perebutan konsepsi keperempuanan ideal pasca Orde Baru, maka kehadirannya seolah-olah menjadi tandingan kelompok fundamentalis agama. Sekilas ide-ide feminisme tentang independensi perempuan, kepemimpinan perempuan, dan kebebasan perempuan mengekspresikan serta menggerakkan tubuhnya terwakilkan oleh sosok-sosok di iklan produk provider ini.[7] Prinsip mobile phone sebagai alat yang memudahkan manusia melangkah, berkomunikasi dan mengakses informasi dapat dimaknai sebagai spirit untuk mendobrak tembok kekangan yang menghambat manusia untuk menjelajah dunia dan berinteraksi. Dalam konteks persoalan perempuan kehadiran benda ini diterjemahkan oleh iklan-iklan provider sebagai sebuah bentuk dukungan terhadap segala macam upaya pengekangan terhadap perempuan. Namun jika kita menggunakan teori semiotika maka tidak ada tanda yang netral. Selalu ada motif ideologi yang tersiar dalam tanda tersebut. Tulisan ini ingin menelisik mitos-mitos “pembebasan perempuan” yang tersiar di iklan tersebut, serta melihat bagaimana seharusnya teknologi HP digunakan menurut versi provider dalam konteks persoalan perempuan. Menurut Hermawan membaca iklan televisi tidak ubahnya membongkar praktik ideologis yang bekerja secara manipulatif di dalam sebuah situasi sosial tertentu.[8] Sebelum mengarah pada mitos apa yang berusaha disebarkan oleh iklan-iklan ini sudah sepantasnya kami menjabarkan sekilas apa itu semiotika. Setelah itu mendeskripsikan iklan-iklan yang dimaksud dan kemudian menjelaskan nilai-nilai “pembebasan perempuan” yang berusaha dimitoskan iklan tersebut. Iklan dan Semiotika Dalam lingkungan kebudayaan populer keberadaan iklan di dunia perdagangan menjadi penting. Fungsinya tidak sebatas alat promosi akan barang dan jasa namun termasuk menanamkan citra kepada konsumen mengenai produk yang ditawarkan. Citra yang terbentuk oleh iklan kemudian menggiring setiap pelanggan untuk percaya, loyal dan terus bertahan mengonsumsi produk tersebut. Sehingga pembacaan arti iklan menjadi bermanfaat untuk memahami komunikasi yang ditawarkan oleh sebuah produk. Iklan-iklan yang muncul diberbagai media memiliki banyak pesan baik secara verbal maupun non verbal dan bersifat komunikatif. Pembacaan sebuah iklan memiliki pertalian kuat dengan semiotika. Semiotika merupakan teori pemikiran filsafat yang berkembang di Eropa dan Amerika. Secara epistimologis Semiotika berasal dari bahasa Yunani yaitu “semeion” yang artinya penafsir tanda. Semiotika merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang tanda, makna dan cara tanda-tanda serta makna-makna tersebut bekerja. Secara luas semiotika berarti studi sistematis mengenai produksi dan interpretasi tanda, bagaimana cara kerjanya, dan apa manfaatnya bagi kehidupan manusia. Dengan perantara tanda-tanda manusia dapat berkomunikasi dengan sesamanya, sekaligus mengadakan pemahaman yang lebih baik terhadap sesuatu. Menurut Roland Barthes sebuah tanda memiliki dua pemaknaan yaitu denotasi (makna sebenarnya sesuai dengan kamus) dan konotasi (makna ganda yang lahir dari pengalaman kultural dan personal).[9] Barthes juga melihat aspek lain dari penandaan yaitu “mitos” yang menandai suatu kesan hasil interaksi antara teks dengan pengalaman personal dan kultur penggunanya. Ketika suatu tanda yang memiliki makna konotasi berkembang menjadi makna denotasi maka akan menjadi mitos. Contoh yang diberikan Barthes dari sampul Paris-Match adalah seorang pria muda berkulit hitam sedang memberi hormat militer dalam seragam militer. Mata pria muda itu diangkat ke atas, mungkin sedang menatap bendera. Kenyataannya memang ada pria berkulit hitam yang difoto dalam pose dan pakaian itu. Tapi ada makna lain bahwa Prancis adalah kerajaan yang besar, bahwa semua warga negaranya tanpa diskriminasi warna kulit setia melayani dibawah benderanya. Pengertian ini terhadap teks kebudayaan tidak terhindarkan, karena ideologi adalah proses dimana yang bersifat historis dan diciptakan oleh budaya-budaya tertentu dihadirkan tanpa masa, universal dan alami.[10] Mitos tidak lagi menjadi penanda yang netral tetapi memainkan pesan-pesan tertentu yang bisa berbeda dengan makna asalnya. Dalam contoh di atas Barthes mengungkapkan kenapa anak berkulit hitam yang dipilih? Mengapa menggunakan atribut Prancis? Mengapa sorot mata menatap ke atas? Dengan jeli Barthes menafsirkan bahwa saat itu situasi politik Prancis sedang berkonfrontasi dengan Aljazair atau tepatnya menjajah Aljazair yang penduduknya berkulit hitam. Realitas itu menunjukkan bahwa Prancis adalah negara imperialis dengan wilayah jajahan sebagian besar penduduk berkulit hitam dan perjuangan Aljazair sedang mendekati kemenangan. Frustasi yang tersembunyi dari Prancis diliput oleh majalah Paris Match sebenarnya hanyalah mitos dari keagungan Prancis.[11] Kehebatan mitos adalah pengaburan sebuah ideologi tertentu dengan meyakinkan subjek dengan tanda-tanda yang mampu membuat ideologi itu tidak perlu digugat, namun absah dan benar untuk diyakini. Produksi mitos dalam teks tertentu membantu pembaca menggambarkan situasi sosial budaya dan juga politik yang ada disekelilingnya. Melalui mitos makna menjadi masuk akal dan diterima pada satu masa maupun tidak pada masa yang lain, sehingga kebenaran mitos menjadi relatif. Tulisan ini mengajak pembaca untuk melihat mitos apa yang berusaha disebarkan oleh iklan-iklan provider untuk meyakinkan pemirsa. Iklan adalah hasil pembacaan pihak korporasi provider tentang manusia ideal Indonesia dalam hal ini perempuan. Disaat yang sama jenis perempuan ideal Indonesia yang disodorkan korporasi bukanlah suara kejujuran, namun memiliki motif atau ideologi tertentu yang seolah-olah ideal karena itu iklan adalah mitos atau dusta. Di bawah akan dijabarkan lebih lanjut mitos yang berusaha dibangun. Iklan Simpati dan Agnes Monica http://www.youtube.com/watch?v=RY8iGhNyaL0 (14 november 2012) Denotasi Makna denotasi di iklan Simpati ini dijabarkan sebagai berikut; nyanyian Agnes menggema diiringi suara menggaung mirip sebelum film di bioskop yang akan diputar. Di saat yang sama muncul visual “Simpati Mempersembahkan” dengan latar merah menyala sebagai simbol Simpati. Agnes Monika bersama para penari latarnya sedang latihan di sebuah studio. Agnes mengenakan pakaian senam ketat yang membuat kita bisa melihat lekuk tubuhnya yang sehat dan langsing. Agnes Monica sebagai pemimpin yang mengomandoi gerakan para penari latarnya. Dia menyemangati para penari dengan mengucapkan “speaking up your mind”. Dia mengucapkan kalimat itu dengan suara menghentak. Kemudian adegan berganti Agnes dengan pakaian senamnya sendiri menatap kosong, setelah itu muncul visual kalimat “single terbaru Agnes Monica” dengan latar merah. Adegan berubah ke sebuah studio rekaman. Di sana terlihat Agnes dengan penuh semangat menyanyikan lagu single terbarunya. Lirik lagu yang didendangkan Agnes adalah “hidupku itu adalah aku”. Agnes mengenakan pakaian putih ketat sambil mengenakan jaket di dalam studio musik tersebut, dia tersenyum sambil bergoyang. Adegan kemudian berpindah ke sebuah panggung yang menjadi tempat show Agnes. Dia bersama penarinya melakukan geladi resik di atas panggung sebelum pentas. Di saat geladi resik itu Agnes sebagai pemegang komando, dan semua penari latar mengikuti gerak Agnes. Artis perempuan ini menari dengan menggunakan celana pendek hitam dan baju putih ketat sambil mengenakan jaket hitam. Tayangan kemudian berubah di balik panggung. Ditampilkan sebuah suasana heroik ketika Agnes menyemangati para penari latarnya sebelum konser dilaksanakan. Kemudian Agnes bersama penari keluar dari belakang panggung menuju ke tempat pementasan, dan ditutup oleh simbol Simpati dengan tulisan dibawahnya “Eksklusif hanya untuk pengguna Simpati”. Adegan terakhir kembali ke studio rekaman, di sana agnes berujar “Simpati is my style”. Konotasi dan mitos yang diharapkan Agnes Monica adalah artis papan atas Indonesia, dan penggunaan Agnes sebagai bintang iklan pertanda Simpati ingin memengaruhi penggemar Agnes agar mau menjadi pelanggan produk ini. Jumlah followers Agnes di twitter sampai dengan Juli 2013 menembus angka 8 juta dan fanspage facebook telah mengumpulkan 4.2 juta penggemar. Rayuan tidak hanya lewat penggunaan artis idola tetapi dengan memberikan bonus lagu single terbaru Agnes yang berjudul “Muda (Le O Le O)” dan “Walk”. Makna konotasi yang lain dari iklan ini adalah Simpati mendukung secara simbolik perempuan sebagai pemimpin. Analisa ini tampak saat Agnes menyemangati penari latarnya yang mayoritas laki-laki itu dengan kalimat “Speaking up your mind” yang artinya “keluarkan pendapat mu”, atau dalam konteks menari kalimat itu bisa diartikan “ekpresikan isi hati saat kamu menari”. Kalimat ini keluar karena para penari terlihat kurang lepas dalam menari. Kemunculan kalimat itu mempertegas Agnes berjiwa pemimpin karena jeli melihat situasi dan kondisi orang-orang yang dia pimpin. Agnes juga terlihat kuat dan bersemangat ketika Agnes menari dengan begitu lincah dan bernyanyi dengan penuh gairah dalam iklan ini. Agnes dicitrakan memiliki wawasan dan tidak puas berada di dalam zona nyaman. Ini terasa saat kita mendengar bahasa Inggris Agnes yang tidak kaku saat mengucapkan “speaking up your mind”, ataupun “Simpati is my style” pada akhir iklan. Dari kepiawaian berbahasa Ingris ini terkesan Agnes ingin memperlebar popularitas. Tidak cukup hanya berpuas-puas diri dengan ketenarannya di Indonesia. Pengucapan bahasa Inggris yang sempurna dari Agnes memberikan kesan bahwa perempuan berhak melangkahkan kaki sejauh-jauhnya demi meraih harapan. Apalagi jika kita kaitkan dengan kisah-kisah di luar iklan tentang Agnes yang seringkali diberitakan sibuk berpentas di luar negeri, dan berkolaborasi dengan artis internasional seperti Keith Martin, Christian Chavez, Michael Bolton dan Timbaland. Patut diingat tahun 2013 Agnes Monica sudah berusia 27 tahun dan belum menikah, dia jarang secara terbuka menunjukkan pasangan-pasangan yang pernah dia pacari. Gambaran single woman sangat melekat pada diri artis yang sudah terasah bernyanyi dari sejak masih kecil. Kehadiran Agnes dalam iklan ini memberikan pandangan bahwa perempuan lajang bisa survive dan sukses secara ekonomi. Hal ini juga tampak pada iklan Simpati terlihat dari pakaian mahal Agnes serta aksesori yang dikenakannya dalam iklan ini. Kesuksesan dapat digapai dengan kerja keras, hal ini terlihat dari keseriusan Agnes menari saat geladi resik sebelum tampil di atas panggung. Kehadiran para penari latar melakukan latihan dan pentas bersama Agnes bisa kita duga mereka bekerja untuk Agnes. Pemandangan itu menandakan Agnes mampu memberikan pekerjaan kepada orang lain. Agnes adalah bos dari para pria yang bekerja untuk dia. Makna konotasi dari iklan ini adalah perempuan bisa mencapai kemapanan dan ketenaran berdasarkan kualitas dirinya. Ketika kualitas diri perempuan berkembang maka yang bisa mendapatkan rezeki bukan hanya perempuan tersebut, namun laki-laki seperti para penari Agnes. Walaupun tubuh Agnes ditutupi pakaian senam, namun tetap terlihat lekukan tubuh langsing artis perempuan ini. Lihat juga saat Agnes melakukan geladi resik, dia begitu percaya diri menari walau mengenakan celana pendek di atas lutut. Makna konotasi dari adegan di iklan ini adalah perempuan berhak mempertunjukkan tubuhnya kepada siapa pun. Tidak ada yang berhak mengaturnya, semakin dipertegas dengan lirik lagu yang didendangkan Agnes Monica “hidupku itu adalah aku”. Hanya “Aku” yang berhak menentukan “hidupku”, bukan “mereka” yang berada di sana. Istilah “mereka” bisa dimaknai kelompok mayoritas atau sistem dominan seperti patriarki. Kehadiran Agnes sangat bertolak belakang dengan wujud perempuan ideal yang disuarakan kelompok agama di tanah air yang menggebu-gebu ingin menutupi aurat tubuh perempuan lewat UU anti pornografi ataupun Perda Syariah. Jika kita amati makna konotasi dari iklan Simpati ini maka posisi iklan Simpati sejalan dengan spirit wacana kepemimpinan perempuan yang mulai muncul secara terbuka di era reformasi. Runtuhnya Orde Baru dirayakan sebagai era runtuhnya otoritarianisme negara. Otonomi daerah muncul sebagai solusi, agar jatah pembangunan tidak melulu jatuh dan ditentukan oleh elite Jakarta. Kelompok masyarakat yang dikekang pada masa itu mulai bersuara. Isu-isu yang jarang dimunculkan pada zaman Orba sekarang mulai terbuka dan diperbincangkan termasuk isu persoalan perempuan. Perempuan diberikan ruang berpolitik di parlemen sebesar 30% dan ini diatur secara hukum. Diskusi tentang kemandirian perempuan juga mencuat, Komnas Perempuan dibentuk, dan perempuan mulai berkiprah diseluruh bidang kehidupan.[12] Istilah “speaking up your mind” yang diucapkan Agnes sesuai dengan situasi masyarakat yang gerah karena selama ini diredam ekspresinya oleh rezim. Berdasarkan penjabaran di atas maka mitos yang berusaha dibangun oleh iklan ini adalah kebebasan bagi perempuan ketika perempuan berada di luar rumah dan berjuang di luar ruang domestik. Simpati berusaha membentuk tafsir sosial bahwa produknya mendukung kaum hawa untuk menggunakan HP sebagai alat meraih cita-cita di luar sana. Simpati ingin mengajak perempuan mengakses globalisasi dan menggunakan globalisasi untuk meraih mimpi. Apalagi produk HP sekarang tidak hanya untuk berkomunikasi semata namun bisa digunakan untuk mengakses internet. Ketika perempuan ber-HP maka selayaknya perempuan tersebut mempergunakan pulsanya untuk mengakses dunia di luar sana dan melepaskan diri dari tirani rumahan. Simpati menunjukkan kesiapannya untuk ini. Produknya kuat untuk melintas batas. Perjuangan perempuan adalah merebut karier dan berani melangkah sendiri keluar dan bukan cepat-cepat menikah, berakhir menjadi istri atau ibu rumah tangga yang menggantungkan diri secara ekonomi kepada suami. Menjadi merdeka adalah mandiri secara ekonomi, begitu nilai yang ingin ditanam oleh iklan ini. Dari iklan ini kita bisa menduga produk ini ingin menyentuh kelompok wanita muda modern yang sibuk meniti karier. Kelompok ini sangat membutuhkan HP agar memperlancar komunikasi dan memperat jaringan bisnis mereka. Wanita karier sering dicitrakan sebagai wanita modern yang berani lepas dari kurungan tirani tradisi, independen secara ekonomi, berasal dari kelas menengah atas, punya jaringan internasional, berpendidikan dan berwawasan. Bukankah membebaskan perempuan dari tirani rumahan adalah ide mulia sebab faktanya tirani rumahan mengerdilkan perempuan, membunuh perempuan sebagai agensi atau pelaku aktif, membungkam independensinya karena diarahkan untuk menggantungkan diri kepada laki-laki, serta bisa mengubah prasangka “perempuan nakal” yang didengungkan kelompok konservatif agama menjadi “perempuan mandiri”? Di sinilah letak mitosnya, sebab pengerdilan terhadap perempuan juga kerap terjadi di luar rumah. Bagi wanita karier yang bergelut di dunia hiburan malam semacam Agnes tentu saja citra-citra negatif bisa diminimalisir. Tempat pentas Agnes adalah di konser besar, kafe atau klub elite yang jarang diserbu oleh kelompok agama penghujat perempuan. Justru image dia terangkat sebagai artis perempuan eksklusif, elite dan modern. Akan berbeda cerita jika Agnes artis kelas bawah, semisal artis dangdut yang menggunakan HP-nya untuk mengontak agen atau kenalan agar bisa diberikan lapangan pekerjaan di luar rumah dengan menggelar konser mini di kafe remang-remang. Label negatif dan pelecehan terhadap mereka kerap terjadi. Aksi sweeping kemaksiatan sering dilakukan di tempat kafe “underground” ini oleh kelompok fanatik agama, dan aparat pemerintah. Memang secara gender Agnes termasuk kategori subordinat jika menempatkannya pada ranah budaya kita yang kental dengan budaya patriarkinya. Artis perempuan yang menyabot banyak penghargaan nasional maupun internasional ini secara etnis dan agama juga berada dalam posisi subordinat. Agnes Monica adalah beretnis Tionghoa dan beragama Kristen Protestan. Kelompok agama dan etnis yang seringkali mengalami diskriminasi oleh kelompok yang mengaku mayoritas di Indonesia. Lihat misalnya kerusuhan di ibu kota menjelang kejatuhan Soeharto, rumah dan aset bisnis warga beretnis Tionghoa menjadi korban perusakan serta pembakaran, bahkan tidak sedikit perempuannya menjadi korban pemerkosaan. Kalau dalam konteks agama pemandangan gereja yang selalu dijaga ketat oleh aparat saat perayaan hari Natal masih kerap terjadi, atau pembangunan gereja yang selalu diprotes oleh warga setempat. Lewat identitas Agnes Monica iklan ini secara tidak langsung menyelipkan semangat bahwa manusia yang terdiskriminasikan bisa mendobrak tembok penghambat kemajuan untuk mereka dalam meraih cita-cita. Istilah “speaking up your mind” yang diucapkan Agnes kala menyemangati penarinya adalah pertanda sudah saatnya mereka yang terbungkam berani mengutarakan isi hati. Sedangkan kalimat penutup Agnes saat mengucapkan “My Simpati is my style” menandakan keberpihakan Simpati kepada manusia Indonesia yang ingin meniru keberanian Agnes dalam mengejar harapan sejauh mungkin. Simpati ingin menciptakan sensasi bahwa produknya sangat sesuai untuk umat manusia yang memiliki cita-cita tinggi namun dihambat rantai sistem patriarki, rasisme dan politik mayoritas vs minoritas. Walaupun Simpati bermodalkan ketenaran Agnes, bonus lagu Agnes, sejarah identitas Agnes dan nilai-nilai pembebasan yang tersisip dalam iklan namun kehebatan produk ini tetaplah mitos. Berfungsinya HP tergantung pada sinyal dan pulsa. Faktanya tidak semua perempuan atau kelompok subordinat lainnya yang ingin meraih mimpi dan mendobrak batas-batas kekangan bisa menikmati sinyal yang lancar karena posisi mereka bukan di wilayah ramah sinyal Simpati. Begitu juga tidak semua perempuan atau kelompok subordinat lainnya bisa menikmati kelancaran komunikasi meskipun berada di wilayah Simpati sebab pulsa mereka bodong, sehingga posisi kelas sangat menentukan. Oleh karena itu iklan ini dusta atau mitos. Namun terlepas dari semua mitos-mitos yang berusaha dikonstruksi Simpati, sosok perempuan ideal Indonesia yang ingin ditonjolkan oleh Simpati adalah perempuan penjelajah yang berani memilih untuk single dan percaya diri dengan kualitas diri untuk bertanding di kancah internasional. Sosok perempuan yang jarang diberikan ruang untuk dipuja pada zaman Orde Baru. Rezim ini lebih senang kalau perempuan tunduk, berada dibawah dan lebih lemah daripada pria. Di bawah akan dijelaskan sosok Anggun dari iklan Indosat Mentari yang juga menawarkan sosok perempuan ideal namun berbeda arah dengan versi Simpati. Iklan Mentari dan Anggun C Sasmi http://www.youtube.com/watch?v=b9exSLH_E88 Dalam membahas Iklan Mentari versi Anggun C Sasmi, penulis tetap menggunakan teori Roland Barthes yang bersifat denotasi, konotasi dan memunculkan mitos. Sama seperti iklan Simpati, Mentari juga menggunakan artis perempuan sebagai ikonnya. Denotasi Di iklan ini Anggun digambarkan berada di sebuah ruangan besar yang didominasi warna putih. Anggun berpakaian putih dan berambut hitam panjang. Anggun terlihat duduk di bagian atas piano yang berwarna hitam. Kemudian Anggun mengucapkan kalimat ”aku dilahirkan untuk musik dan sejak itu kami tak pernah terpisahkan”. Tampak peralatan menulis (pulpen, pensil dan kertas) berada di atas meja. Tangan Anggun mengambil salah satu pulpen tersebut dan menulis di secarik kertas yang hampir kusut. Anggun kemudian mengucapkan kalimat “Bagaikan dua elemen yang menciptakan harmoni” sambil menggerakkan jari jemarinya diatas piano, Anggun kembali melanjutkan ucapannya “Saling melengkapi, mengisi satu sama lain seperti Indosat Mentari baru yang diciptakan khusus untuk mengoptimalkan smartphone.” Saat itu anggun tidak hanya duduk memainkan piano, namun juga tampak telungkup, terlihat kakinya menggunakan kaos kaki berwarna putih dengan wajahnya mengarah ke kamera. Sambil bernyanyi di depan mikrofon, Anggun membentangkan lengannya dan tersenyum. Nyanyiannya diiringi dua laki-laki berkulit putih, satu laki-laki berambut panjang sambil memainkan gitar dan satu lagi laki-laki berkepala botak, berkulit hitam dengan memainkan kontrabas. Adegan beralih ke sebuah smartphone berwarna putih dan tampak jari Anggun menggeser layar handphone dari lambang Mentari yang berwarna kuning ke lambang WhatsApp berwarna hijau dikelilingi garis putih. Di saat duduk Anggun menempatkan handphone-nya yang bercover kuning di bagian belakang sambil menelepon atau menerima telepon sambil tersenyum. Dalam satu adegan muncul dua wajah Anggun. Pertama dia menunjukkan handphone-nya dengan layar menyala berisi lambang Mentari dan yang kedua Anggun menunjukkan kertas kover kartu Mentari. Kali ini Anggun mengucapkan “Smartphone dan Indosat Mentari itulah harmoni”. Adegan ditutup oleh munculnya kover mentari berwarna putih berisi lambang mentari dengan warna kuning bertuliskan Indosat Mentari. Bagian bawah kanan terdapat tulisan designed for smartphone dan gambar empat handphone. Terakhir muncul Anggun sambil tersenyum menampakkan giginya yang berwarna putih. Konotasi dan mitos yang diharapkan Penggunaan Anggun sebagai bintang iklan secara konotasi dapat dimaknai bahwa Mentari ingin menjadikan penggemar Anggun sebagai pelanggan produk ini. Target pasar yang dikehendaki oleh Indosat Mentari adalah dari kalangan kelas menengah atas. Keberadaan alat tulis seperti pulpen, pensil dan kertas menunjukkan Anggun adalah perempuan terpelajar yang memiliki kemampuan untuk membaca dan menulis. Keterampilannya bernyanyi, menciptakan lagu dan piawai memainkan alat musik berupa piano menandakan Anggun berasal dari kelas menengah atas. Melodi yang dihasilkan Piano merupakan kegemaran kaum elite dan perlambang dari status kemapanan masyarakat Eropa. Harga piano yang mahal menjadikan alat musik ini sebagai barang mewah yang tidak sembarang dimiliki oleh orang kebanyakan. Ketika Anggun mengucapkan “aku dilahirkan untuk musik dan sejak itu kami tak pernah terpisahkan”, dan setelah itu disusul kalimat “bagaikan dua elemen yang menciptakan harmoni” adalah pengertian harmoni dari produk Indosat Mentari. Anggun dan musik adalah dua elemen yang padu dan saling mengisi. Langgengnya hubungan Anggun dan musik kemudian dilekatkan kepada hubungan Mentari dan smartphone lewat kalimat “Smartphone dan Indosat Mentari itulah harmoni”. Harmoni bagi Mentari adalah sebuah hubungan keselarasan atau sinergitas dua unsur yang padu dan tidak saling bertentangan. Mentari juga ingin menampilkan sisi harmoni dari pewarnaannya. Perpaduan ruang yang didominasi warna putih dengan sedikit sentuhan hitam menyiratkan kesejukan. Dominasi warna putih melambangkan kebersihan dan kesucian sebagaimana terlihat dari pakaian dokter, suster ataupun pegawai rumah sakit yang tampak higiene. Putih juga dianggap sebagai netral, tidak berpihak atau keseimbangan sehingga warna putih sesuai dengan konsep harmoni. Putih yang netral, bersih, serta tidak berpihak menandakan sifat harmoni yang menolak pertentangan dan gonjang-ganjing antar berbagai macam elemen. Harmoni atau keselarasan juga muncul dalam bentuk tubuh Anggun. Ia dikonotasikan sebagai perempuan ideal karena tidak gemuk dan tidak terlalu kurus. Ia menggunakan pakaian yang hampir menutupi lengannya, bercelana panjang dan berkaos kaki sehingga memunculkan kesan berpakaian sopan. Anggun terlihat sebagai perempuan yang berperilaku halus, sopan, tenang, dan tidak ambisius. Keberadaan Anggun di suatu ruangan mirip rumah ini menunjukkan Anggun taat “posisi” sebagai perempuan Jawa. Secara normatif dalam tradisi Jawa aktivitas kaum perempuan ada di dalam rumah, sedangkan laki-laki beraktivitas di luar rumah. Posisi Anggun di dalam rumah, pakaian Anggun yang sopan dengan karakternya yang halus menandakan dia tidak berlebih-lebihan, tidak ambisius serta taat posisi. Karakter yang pas dengan prinsip harmoni. Pada saat Anggun bernyanyi, Ia diiringi oleh dua laki-laki berkebangsaan asing. Satu laki-laki memegang gitar dan laki-laki lainnya memainkan kontrabas. Kehadiran pemusik asing ini menandakan Anggun memiliki relasi internasional. Anggun dan kedua orang asing itu tampak kompak sebagai tim dikala mereka latihan memainkan sebuah lagu di rumah Anggun. Makna konotasi yang ingin dibangun adalah “orang dalam” dan “orang asing” bisa berselaras atau Anggun sebagai representasi orang “Timur” bisa harmoni dengan “Barat” yang diwakilkan oleh dua orang asing pemain alat musik tersebut. Anggun memiliki modal sejarah sebagai penunjang popularitasnya. Modal sejarah adalah track record prestasi Anggun, kisah hidupnya dan gosip-gosip tentangnya yang menunjang perempuan ini menjadi idola. Ketika melihat Anggun dalam sebuah iklan, maka fokus penonton bukan hanya pada kisah di iklan atau produk di iklan melainkan juga menyimak si bintang iklan. Penonton akan teringat sejarah atau kisah-kisah tentang bintang iklan tersebut. Ia adalah musisi perempuan Indonesia yang terkenal di era Sembilan puluhan. Ia berkesempatan hijrah keluar negeri untuk mengadu nasib sebagai musisi. Anggun memiliki lima album internasional dan sering berkolaborasi dengan musisi dunia. Lagu “Deep Blue Sea” dan “Snow On The Sahara” adalah dua lagu yang membuat nama Anggun melambung di Eropa. Kalau dilacak ke belakang lagu Anggun juga pernah meledak di Indonesia pada era tahun sembilan puluhan yang berjudul “Tua-Tua Keladi”.[13] Ketika Mentari menggunakan jargon Harmoni maka arah audience akan melihat prestasi Anggun yang tidak hanya terkenal di dalam negeri namun juga di luar negeri sebagai sebuah bentuk harmoni. Seolah-olah sejarah popularitas Anggun tidak timpang, tetapi selaras dan padu. Sebagai penyanyi yang sibuk di luar negeri, Anggun tidak lupa menggelar konser di Indonesia. Bukan hanya lagu berbahasa Prancis dan Inggris yang dibawakannya, namun Anggun juga tetap membawakan lagu berbahasa Indonesia saat konser di tanah airnya. Anggun bisa dianggap sebagai sosok manusia yang selalu ingat “akar” sebab tetap ingat untuk pulang ke kampung halamannya (mudik). Nilai harmoni yang menempel pada bintang iklan Mentari ini adalah perempuan berhak berada di luar, sekaligus jangan kebablasan hingga lupa pulang ke rumah. Perempuan boleh bergaul dan berkelana ke luar meniti karier, namun harus ingat untuk balik ke tempat dimana dia dibesarkan. Nilai keharmonisan ini bertentangan dengan perspektif kelompok agama yang getol ingin mengkerangkeng perempuan di dalam rumah, dan mendisiplinkannya lewat razia tempat-tempat hiburan malam, membuat Perda Syariah ataupun UU Pornografi. Pandangan harmoni berkontradiksi dengan wacana “anti Barat” yang digelorakan oleh kelompok Islam garis keras. Mereka merespons Barat dengan hujatan dan makian sebab bagi mereka Barat adalah hegemoni. Kelompok ini memandang bahwa “Barat” adalah musuh, bahkan istilah “kafir” mereka lekatkan kepada Barat. Bagi mereka Barat adalah sumber kerusakan moral yang menyebabkan kawula muda terpengaruhi seks bebas serta menjadi individualis.[14] Sedangkan di iklan Mentari justru terbalik, “Barat” bukanlah musuh yang harus dijauhi namun bisa bersinergi dengan “Timur”. Anggun adalah perempuan Jawa yang menikah dengan seorang penulis berkebangsaan Prancis yaitu Cryil Montana. Sikap Mentari memilih Anggun sebagai bintang iklannya tentu sebuah sikap oposisional dengan pemikiran fanatisme etnis ataupun agama tentang perempuan ideal. Menurut kelompok fanatik ini perempuan ideal adalah ketika perempuan memilih pasangan sesama agama, etnis, kasta ataupun daerah. Konsep harmoni Mentari dalam konteks kisah romantika Anggun jelas menolak pemahaman bahwa perempuan harus menikahi laki-laki seidentitas. Jika kita menggunakan kaca mata harmoni maka kisah romantika Anggun ketika memilih pasangan beda identitas dalam hal ini beda negara bukanlah sebuah aksi pengkhianatan atau keterlepasan perempuan menjadi milik sang suami. Melainkan sebuah hubungan yang bersinergi, atau keselarasan. Harmoni menurut Indosat Mentari adalah dua elemen yang tidak terpisahkan, maka hubungan beda negara tidak dengan serta merta menghilangkan ke-Indonesiaan Anggun dan ke-Eropaan pasangannya, melainkan bersinergi saling mengisi. Mentari seolah-olah ingin mengajak audiens bahwa di era liberalisme politik ini masyarakat jangan terpaku ke dalam fanatisme agama atau kedaerahan, dan jangan juga terlalu terpukau terhadap “Barat” sampai-sampai tidak mau untuk balik ke “rumah”. Kehadiran smartphone yang ada fasilitas internetnya selayaknya tidak digunakan kaum perempuan sebagai jalan keluar untuk memutus “akar” tempat mereka dibesarkan dan dilahirkan, melainkan sebagai jembatan mengharmonikan kedua-duanya. Layaknya Anggun yang nyaman beraktivitas di dalam rumah tetapi tetap melek informasi di dunia luar, dan bergaul dengan orang asing. Mentari lewat iklan ini ingin menciptakan mitos bahwa produknya bisa digunakan di dalam rumah maupun di luar rumah. Kartu ini ingin menunjukkan bahwa sinyal produk ini kuat entah digunakan di dalam gedung ataupun di luar gedung. Kadang kala jika HP digunakan di dalam gedung ataupun di luar gedung sinyal bisa terganggu karena produk providernya lemah menangkap sinyal. Penampakan Anggun yang asyik menggunakan Smartphone di dalam gedung menandakan sinyal produk providernya kuat. Mentari ingin menampilkan kepada khalayak bahwa produknya pantas untuk menyinergikan atau mengharmonikan dua ruang. Namun mengapa harmoni itu mitos? Bukankah keserasian, keselarasan dan keseimbangan itu indah. Kalau kita membalikkan cara membacanya dengan arah yang berlawanan maka iklan ini dengan sendirinya merontokkan mitos harmoni yang berusaha dibentuk oleh Mentari. Keserasian dalam dominasi warna putih sebagai lambang bersih dan suci sekiranya menegaskan kembali kolonialisasi bangsa Eropa. Sebelum Belanda hadir di nusantara, jajaran pulau-pulau memiliki banyak corak dan pewarnaan. Contohnya rumah-rumah masyarakat terbuat dari bambu dan kayu dengan warna asli yang keluar dari bahannya, tetapi semenjak kota-kota baru dibentuk oleh Belanda bermunculan gedung-gedung berarsitektur Eropa bercat dasar putih.[15] Pakaian orang melayu berupa kemben dan destar, yang disesuikan dengan warna alam seperti warna kayu dan daun berubah menjadi gaun atau kemeja yang didominasi warna putih. Dominasi warna putih yang seakan-akan memberi kedamaian dan ketenangan dalam konteks sejarah didasari oleh penaklukan suatu wilayah. Sudah barang tentu penaklukan ini memakan banyak korban. Indosat Mentari memitoskan Anggun seolah-olah adalah musisi yang berhasil bersinergi dengan dunia internasional. Padahal kalau dicermati Anggun bagaikan pemain sepak bola atau atlet bulu tangkis yang dilekatkan dengan istilah jago kandang, terbukti dengan belum ada lagi lagu-lagu internasional yang setenar dulu. Bisa dilihat dari kecenderungan Anggun sekarang ini yang sering melakukan konser di Indonesia untuk menyelamatkan eksistensinya sebagai musisi kelas atas.[16] Kembalinya Anggun ke tanah air bahkan menjadi ikon produk Mentari bukanlah sebuah harmoni, melainkan ketimpangan sebab dia tidak tenar lagi di luar sehingga akhirnya balik ke dalam agar populer lagi. Berbeda dengan artis Asia Jacky Chan yang tenar di luar negeri juga tenar di dalam negeri. Terbukti terus berproduksinya film Jacky Chan dengan artis-artis hollywood dan diundang ke acara festival film bergengsi dengan skala internasional.[17] Biasanya istilah mudik diterjemahkan ketika anak kampung yang bekerja di kota atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri kembali ke kampung halamannya untuk membagikan rezeki hasil kerja kerasnya. Anggun justru berbeda, Ia kembali ke “kampung halaman” untuk mencari nafkah dan menyerahkan hasil kerja kerasnya ke luar negeri. Mengapa begitu? Karena Anggun adalah warga negara Prancis dan hidup di Prancis. Biaya hidup di Prancis jelas lebih mahal, sangat mungkin uang dari kerja keras Anggun digunakan membayar pajak di negeri menara Effiel itu. Secara simbolik mudiknya Anggun bukanlah harmoni melainkan sebuah hubungan tidak seimbang karena mengeruk keuntungan di tanah air sendiri tetapi dipersembahkan untuk mendukung eksistensi kelas atau statusnya di Prancis. Rapuhnya mitos Harmoni yang berusaha dibentuk Mentari membuat kita melihat kehadiran dua lelaki kulit putih sebagai pengiring Anggun di iklan tersebut bukanlah hubungan kesetaraan. Bisa saja ditafsirkan kedua laki-laki kulit putih itu bekerja untuk Anggun sebagai band pengiring. Kedua lelaki itu ibaratnya “pegawai” dan mereka memainkan musik mengikuti selera sang bos yaitu Anggun. Jika kita melihat ke belakang bangsa kita pernah dijajah bangsa Eropa sekian lama dan tertanam di dalam kepala kaum terjajah untuk ingin membalas dendam. Apalagi wacana Orientalis masih kuat melekat bahwa bangsa “Barat” lebih unggul dari bangsa “Timur”. Hal-hal ini menstimulus masyarakat terjajah untuk berganti posisi. Keberhasilan Anggun sebagai representasi bangsa yang pernah dijajah oleh bangsa Eropa dalam mempekerjakan “orang Eropa” sebagai pengiring lagunya mewakili mimpi “ganti posisi” bangsa terjajah. Sensasi berada lebih di atas dari bangsa penjajah terwakilkan oleh iklan Mentari. Hubungan antara “timur” dan “barat” ini bukanlah sebuah keselarasan namun mewakili the sense of revenge kaum terjajah atau bangsa yang selama ini dianggap terbelakang. Kehadiran Mentari sebagai jembatan keselarasan dua elemen berubah menjadi jembatan ketimpangan, penyelamatan karier, revenge, dan ganti posisi. Telekomunikasi seluler dan pulsanya bukan semata alat komunikasi yang mempertautkan dua dunia secara seimbang melainkan sebagai saluran untuk menyelamatkan eksistensi, merawat dominasi, mengembangkan kuasa. Terlepas dari keroposnya harmoni yang dikonstruksi Indosat Mentari, kita bisa melihat sikap Mentari bahwa perempuan ideal adalah perempuan yang berhak berpetualang, meniti karier keluar dari kampung halamannya, bergaul dengan orang luar, bahkan menikah dengan orang luar tetapi tetap jangan lupa untuk balik ke kampung halaman. Perempuan ideal adalah perempuan yang mampu menyinergikan dua elemen antara rumah dan di luar rumah ataupun dikotomi Timur dan Barat. Namun tidak semuanya seberuntung Anggun yang pulsanya bisa dia gunakan untuk mengontak agen tiket pesawat agar bisa pulang kampung. Banyak perempuan Indonesia yang berada di luar bekerja sebagai buruh migran tidak bisa pulang karena paspornya ditahan majikan, sehingga pulsa digunakan mereka sebagai jembatan penyambung rindu semata. Penutup Dari penjabaran di atas kita bisa menyimak “bagaimana seharusnya perempuan Indonesia” versi Simpati dan Mentari secara semiotika. Simpati menampilkan perempuan energik, tangkas, sigap dalam memimpin serta siap menuju ke luar dari zona nyaman di negeri sendiri. Sedangkan Mentari menampilkan sosok perempuan lembut dan tenang yang berada di dalam rumah serta memiliki kesejarahan pernah tenar di luar negeri ataupun di dalam negeri. Simpati menargetkan jenis perempuan yang baru meniti karier dan masih menggebu-gebu menaklukkan “Barat”. Berbeda dengan Mentari yang menampilkan sosok perempuan dewasa, sudah menikah, sudah pernah menaklukkan “Barat” dan balik lagi ke kampung halaman. Ada yang sama dari kedua sosok perempuan dalam iklan itu yaitu tidak mau memilih menjadi ibu rumah tangga. Agnes di usianya yang matang ini belum menikah sedangkan Anggun walau sudah menikah tetap memilih untuk meneruskan kariernya sebagai musisi. Hadirnya dua sosok ini semacam pertanda perubahan sebab di era Orde Baru perjalanan hidup perempuan diarahkan negara untuk berakhir menjadi ibu rumah tangga. Yaitu sosok perempuan yang hidupnya mengurus dapur, anak dan melayani suami. Tentu kita ingat pada zaman Orde Baru istilah “ibu memasak di dapur” sangat membumi diajarkan di sekolah-sekolah. Sedangkan di era reformasi lebih berdinamika karena konsep perempuan ideal tidak lagi dikontrol ketat oleh negara. Ruang terbuka ini memberikan peluang berbagai macam pihak untuk ikut serta menawarkan sosok idealnya termasuk korporasi semacam Telkomsel Simpati dan Indosat Mentari. Namun janganlah terlena dengan mulianya ide-ide pembebasan perempuan, karena dalam konteks era liberalisme pasar jelas memiliki kepentingan tertentu. Kepentingan yang menggerakkan perempuan untuk berada di luar. Walau perempuan berhasil meminggirkan pilihan untuk tidak dikurung dalam tirani rumahan, namun tirani di luar rumah sama terjalnya yaitu tirani pasar. Memalingkan pilihan sebagai perempuan yang mengonsumsi bahan makanan untuk dimasak buat keluarga atau deterjen untuk mencuci pakaian suami serta anak tersayang berubah menjadi mengonsumsi merek-merek terkenal agar bisa terlihat anggun di luar rumah, tampak seksi saat hangout di klub atau diskotek, tampil elegan ketika konser dan kerja di kantor. Kuasa patriarki juga berada di luar yang lagi-lagi mendaulat perempuan ideal sejatinya adalah sosok pesolek. Tidak cukup dengan bedak dan parfum untuk tampil “cantik” tetapi harus mengenakan pernak-pernik aksesori tertentu sesuai arahan majalah-majalah mode terkenal. Untuk tampil bugar di luar, perempuan diarahkan untuk melakukan operasi plastik, mengonsumsi vitamin tertentu ataupun ikut gimnastik. Pulsa Simpati dan Mentari berada didalam lingkaran kuasa yang mengarahkan tubuh perempuan ke luar rumah untuk dijadikan target pasar para bos mode busana, losion pemutih, botox, vitamin, dan lain sebagainya. Menarik jika kita melihat ke lapangan, usaha Simpati dan Mentari dalam menyebarkan pemahaman-pemahaman tertentu lewat sosok Agnes dan Anggun dengan tujuan mencari pelanggan bisa jadi tak berfungsi. Acapkali pelanggan pulsa tidak melihat sosok-sosok itu. Maksudnya faktor penyebab orang membeli produk provider bukan karena kehadiran bintang iklan namun karena paket bonus, gratis dan murah. Selain itu juga faktor efisiensi sebab mayoritas teman atau keluarga si pelanggan menggunakan kartu yang sama. Dari pembicaraan kami dengan beberapa pemilik kios HP, alasan orang membeli kartu atau pulsa adalah karena faktor tadi, yaitu efisiensi dan irit. Kecenderungan itu tidak mengenal kaya miskin. Gengsi kelas dan status bermain di merek HP bukan produk provider karena Produk HP terlihat oleh mata sedangkan produk provider tak tampak di penglihatan. Apalagi produk provider tidak lagi mahal seperti awal-awal kehadiran HP yang hanya dimiliki segelintir orang. Situasi seperti bisa membuat kerja keras para pembuat iklan yang ingin membuat produk providernya mewakili kelas-kelas tertentu atau perempuan-perempuan tertentu bisa berakhir mubazir. Terlepas dari iklan yang tidak memengaruhi pelanggan untuk membeli, kesan-kesan perempuan ideal yang ditonjolkan oleh iklan Simpati dan Mentari sebenarnya ikut mengarahkan isi kepala pemirsa Indonesia untuk menilai bagaimana seharusnya perempuan. Iklan bisa masuk ke ranah privat dan memengaruhi isi kepala sebab televisi sudah menjadi benda umum yang berada di kamar tamu ataupun kamar tidur. Dalam konteks ini iklan bukan lagi sekadar menawarkan produk, namun sebuah pemahaman atau ideologi tertentu yang ikut meramaikan gelanggang pertempuran antar pemahaman tentang perempuan. Kompetisi ini masih sulit untuk diprediksikan versi siapa sebagai pemenangnya. Catatan Belakang: [1] Lihat Undang-undang Nomor 44 tahun 2008 tentang Pornografi [2] Menurut Komnas Perempuan terdapat 342 Perda diskriminatif terhadap perempuan atas nama agama dan moralitas yang dikeluarkan pemerintah daerah. Tercatat yang banyak mengeluarkan kebijakan diskriminatif adalah Jawa Barat, Sumatra Barat, Sulawesi Selatan, Aceh, Sumatra Selatan, Kalimantan [3]http://www.youtube.com/watch?v=RY8iGhNyaLO (14 November 2012) [4]http://www.youtube.com/watch?v=b9exSLH_E88 [5]http://www.bisnis-kti.com/index.php/2012/05/telekomunikasi-pelanggan-seluler-sentuh-255-juta-orang/ [6]Berikut adalah provider dan produknya; 1.Axis telpon Indonesia dengan produk Axis 2.Bakri Telcom dengan produk Esia, Aha.dan Wifone 3. Hutchison 3 dengan produk 3 (tri). 4. Indosat dengan produk StarOne, Matrix, IM3 dan Mentari. 5. Mobile-8 dengan produk Friend, Mobi dan Hepi. 6. Sampoerna Telkom dengan produk Ceria. 7. Smart Telcom dengan produk Smart. 8. Telkom dengan produk Flexi. 9. Telkomsel dengan produk Kartu As, Kartu Hallo, dan Simpati. 10. XL Axiata dengan produk XL. 11. Pasifik Satelit Nusantara (PSN) dengan produk byru pasti. [7] Ann Brooks (trj. S. Kunto Adi Wibowo), Posfeminisme & Cultural Studies Sebuah pengantar Paling Kontemporer, Jalasutra, Yogyakarta [8] Anang Hermawan, Membaca “Iklan Televisi: Sebuah Perspektif Semiotika”, http://communication.uii.ac.id/jurnal/editorial-jurnal/editorial-3-volume-2-nomor-1-oktober-2007.html [9] Melody Violine, Roland Barthes: kehidupan, Karya dan pemikiran, Academia.edu [10] Ibid [11] Ibid [12] Komnas Perempuan, Kita Bersikap, Empat Dasawarsa Kekerasan Terhadap Perempuan Dalam Perjalanan Bangsa, Jakarta, 2009, hlm 209 [13] Awal tahun 1990-an lirik lagu “Engkau lupakan, anak cucumu” menjadi fenomenal diberbagai kalangan. Tidak ada yang menyangka lagu sedahsyat tua-tua keladi dinyayikan Anggun C Sasmi saat masih berusia 15 tahun. http://hiburan.kompasiana.com/musik/2012/11/12/lima-diva-legendaris-indonesia-508325.html [14] Fathurin Zen, Radikalisme Retoris, Bumen Pustaka Emas, Jakarta, 2012, hlm183-191 [15] Gaya kolonial kental dengan pengaruh Eropa, sering kali mirip dengan gaya klasik yang didominasi warna putih dengan penggunaan lantai marmer. Yulianto Sumalyo, Arsitektur Kolonial belanda di Indonesia, Gajah Mada University Press, Yogjakarta, 1995. [16] Dalam Twitternya https://twitter.com/Anggun_Cipta/status/272286192836440064 di tahun 2013 Anggun akan lebih banyak menghabiskan waktu di Asia. Ia diangkat menjadi juri X-Faktor Indonesia yaitu ajang pencarian talent show di Indonesia. Kehadirannya banyak digunakan untuk menetapkan standar yang tinggi di ajang tersebut. [17] http://www.hollywood.com/static/the-best-of-jackie-chan Comments are closed.
|
AuthorDewan Redaksi JP, Redaksi JP, pemerhati masalah perempuan Jurnal Perempuan terindeks di:
Archives
July 2018
|